KALAU SUDAH DOWN BERAT, TERUS NGAPAIN????

Posted: 29 January 2009 in My Opinion
Tags: , , , ,

Kemarahan, kebencian, kejengkelan, kedengkian, dendam, dan sejenisnya punya dampak kuat menyebabkan ganggguan kesehatan, lalu apa obatnya?????? Saya memberi beberapa saran di bawah :

  1. Ingat baik-baik marah adalah luapan emosi dan emosi semacam itu selalu panas dan bahkan panas sekali, karena itu sejukkanlah, caranya ketika sedang marah, biasanya tangan anda mengepal, suara anda meninggi, otot-otot anda menegang, anda siap berkelahi bersamaan dengan adanya tekanan pada sistem saraf. untuk mengendalikannya buka lebar-lebar telapak tangan, relakskan otot-ototdan bicaralah dengan nada-nada rendah hingga cukup berbisik jika perlu.kalau sempat, cobalah basuh muka anda dengan air sejuk.
  2. Ucapkan beberapa kali pada diri sendiri; “kemarahan tidak akan memeberikan kemajuan pada saya”.
  3. Mungkin susah berdoa saat kemarahan memuncak, meski demikian, cobalah berdoa, upaya seperti ini bisa meredam emosi kemarahan anda.
  4. Berdoalah kepada Yang Maha Kuasa, misalnya dengan selalu menyebut asmaul khusna atau doa-doa pendek lainnya. Doa ini lebih mujarab ketimbang menghitung angka 1 sampai 10 untuk mengendalikan rasa marah.
  5. Marah lebih sering terbentuk dari akumulasi kejengkelan kecil-kecil, cobalah mengecek satu per satu sumber kejengkelan kecil-kecil itu
  6. Coba anda nilai betapa konyolnya sumber kejengkelan itu. Dengan mengeringkan mata air kejengkelan itu, anda bisa mencegahnya mengalir ke sungai, kemarahan yang bisa menjebol bendungan kesabaran.
  7. Setiap saat merasa akan merasa marah, latih diri anda untuk mengatakan; layakkah saya marah?? kemarahan hanya akan mempertolol diri saya sendiri.
  8. Jika muncul sesuatu yang menyakitkan hati, luruskanlah sesegera mungkin. jika tidak segera, situasinya bisa cepat berkembang diluar proporsi sewajarnya. Sakit hati akan merembet ke saki-sakit lainnya. Maka bubuhkan “yodium spiritual” pada rasa sakit itu.
Comments
  1. grubik says:

    dan juga…
    menulislah, menyanyilah, menarilah, berkaryalah..
    biarkan energi kemarahanmu itu menemukan tempatnya yang lebih indah

  2. hmcahyo says:

    mampir aja😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s