Mengapa harus cemas?

Posted: 11 January 2009 in My Opinion
Tags: , , , , ,

APA ITU KECEMASAN? Itu adalah kebiasaan mental yang tidak sehat dan destruktif. Jika anda mempunyai kondisi seperti ini, bukan berarti itu kondisi bawaan sejak lahir, tetapi mendapatkannya dari pengalaman hidupsehari-hari.

Cemas bisa menyebabkan sakit? Itu jelas. Orang bisa merasa mulas, berkeringat dingin, migrain, pingsan, dan sejenisnya. Bahkan kalau ditilik dari asal-usul bahasanya di serat kuno Anglo-Saxon, cemas itu juga berarti “choke” atau tersedak/tercekik.

Imajinasi adalah sumber ketakutan, tapi imajinasi juga bisa menjadi obat bagi ketakutan. Apa yang kita imajinasikan mungkin bisa menjadi kenyataan jika hal itu sangat kuat terpatri dalam mental dengan keyakinan yang tinggi. Karena itu, coba imajinasikan kuat-kuat diri anda bebas dari rasa cemas atau khawatir. Misalnya : guru bahasa Inggris anda memberi tugas untuk membuat paper tentang pepohonan. Sementara anda tidak banyak tahu tentang pepohonan; apa lagi menceritakannya dalam bahasa Inggris. Terus apa yang anda lakukan? Apakah anda mulai cemas? Anda membicarakan tugas itu kepada setiap orang yang anda temui, tapi belum ada jawaban? Hari-hari terus berlalu, tapi anda belum menuliskan apapun untuk paper itu dan kecemasan semakin bertambah? Harusnya anda jangan cemas!. Daripada bercemas-cemas, lebih baik imajinasikan diri anda sebagai orang yang tertarik pada pepohonan, yang sangat ingin tahu pada pepohonan, yang bisa mengamati pepohonan, yang biasa membaca banyak hal tentang pepohonan, yang biasa membicarakan berbagai hal tentang pepohonan. Maka tak butuh waktu lama, anda akan menjadi orang yang dibayangkan tadi, bahkan prosesnya lebih cepat daripada yang anda kira. Maka,anda akan bisa menuliskan paper itu dan menikmatinya tanpa rasa cemas.

Takut adalah bagian yang paling kuat dari semua pemikiran, kecuali iman. Selalu, iman yang lebih kuat daripada rasa takut sehingga iman bisa mengatasi rasa takut.

Bentuklah kebiasaan yang menegaskan anda memiliki keimanan yang kuat. Bentuk imajinasi bahwa diri anda bebas dari rasa takut, maka proses drainase mental segera terjadi untuk menguras habis rasa takut yang tidak normal itu dari benak anda. Strategi lainnya adalah berani bermain melawan kecemasan. Kuncinya, kecemasan tidak akan pernah menang sepanjang anda tidak memandangnya lebih kuat daripada kondisi nyatanya. Biasanya orang selalu memandang atau merasa kecemasan itu lebih parah daripada kondisi nyatanya.karena itulah kecemasan menjadi sesuatu yang menakutkan. Padahal, kebanyakan dari kecemasan itu hanya omong kosong. Tidak ada yang perlu dicemaskan lebih daripada sewajarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s