LANGKAH PRAKTIS UNTUK MENGUBAH SIKAP MENTAL YANG MENGHASILKAN KEBERHASILAN

Posted: 17 January 2009 in My Opinion
Tags: , , , , ,

BEBERAPA LANGKAH PRAKTIS UNTUK MENGUBAH SIKAP MENTAL DARI NEGATIF MENJADI POSITIF; UNTUK MELEPAS PEMIKIRAN-PEMIKIRAN BARU YANG KREATIF; DAN UNTUK MENGUBAH DARI POLA PEMIKIRAN YANG MENGHASILKAN KEGAGALAN MENUJU POLA PEMIKIRAN YANG MENGHASILKAN KEBERHASILAN

  1. Untuk 24 jam mendatang, ungkapkanlah dengan penuh harapan tentang apa saja; tentang tugas-tugas kerja atau kuliah, tentang masalah dalam rumah, tentang teman-teman, tentang masa depan, dan lain-lain. Sayatahu mungkin ini sulit bagi anda, jika kebiasaan anda adalah berbicara secara pesimistis, atau jika teman-teman anda lebih terbisa berharap yang terburuk, maka akan butuh upaya lebih berat untuk mengubah pola-pola itu. Namun, terus coba. Jangan putus asa! hasilnya, nanti anda pasti terkejut
  2. Setelah berhasil membentuk  pola pemikiran penuh harapan bagi anda sendiri untuk 24 jam kedepan, beri tugas pada anda sendiri untuk melanjutkan mempraktikkan hal itu hingga seminggu kedepan.  Setelah berhasil melakukannya seminggu, anda tidak akan bisa dicenderungkan kearah pesimisme. anda akn merasa semuanya tampak lebih penuh harapan. Anda akan membuat kemajuan dalam power berpikir positif.
  3. Anda harus memberi makan otak sebagaimana memberi makan tubuh. Anda makan makanan bergizi untuk memiliki tubuh yang sehat. Maka, anda juga harus memberi otak anda pemikiran-pemikiran bergizi agar memiliki pandangan yang sehat.
  4. Buatlah daftar teman-teman. Diantara mereka, pilih mana yang optimis, positif agak pesimistis, dan negatif. Jangan tinggalkan teman yang negatif, mereka butuh anda, dan siapa tahu anda bisa membawa mereka kepihak anda
  5. Banyaklah bergaul dengan teman-teman yang positif , kalau sudah positif begini, yang negatif tidak akan berpengaruh pada anda.
  6. Hindari argumen yang mengarah ke perdebatan sengit sehingga menimbulkan pertengkaran mulut hingga fisik.
  7. Kalau dalam diskusi, ungkapkan opini-opini yang lebih positif daripada negatif.
  8. Jika sudah mengarah adu argumen yang sengit, berusahalah bersikap santai dan arif.
  9. Kalau ada rencana melakukan perjalana, lalu ada teman yang ingin menundanya dengan dalih hari akan hujan, maka anda harus menyarankan terus dengan alasan cuacanya cukup baik
  10. Berdoalah banyak-banyak. Berdoalah saat dalam perjalanan pulang, berdoalah saat ke kampus, berdoalah sepanjang sempat. Jaga agar benak anda penuh terisi doa; itu salah satu cara ampuh menghindari negativisme.
  11. Rahasia kehidupan yang lebih baik dan bahagia adalah menyingkirkan semua pemikiran lama yang mengecewakan dan tidak bahagia.
  12. Isi benak anda dengan pemikiran baru yang positif, yakni pemikiran tentang kebaikan, kesuksesan dan, kegembiraan.
About these ads
Comments
  1. citra.kurniasih says:

    artikelnya oceh

  2. jonson says:

    tgl postingnya a/ hari jadi ku hidup di dunia, aku tidak menyesali tapi kalau tulisan ini kubaca atau seorang membacanya didepanku aku akan bilang ini kado terbaik hari ultahku, karena tulisan ini melahirkan kembali mental ku

  3. angelin says:

    makasih yah buat siapapun yang udah tulis artikel ini..
    kudoain semoga dia dpt berkat yg bnyk dr Tuhan,..

    soalnya aku ini org yg bermental minder banget..
    aku selalu mikir kalo aku tuh lebih rendah kedudukannya dr tmn2 lain di skolah..aku ngrasa klo ak ga bisa ap2 bhkan aku sering banget nangis karena aku gak bisa brtmen dgn bnyk orang.. kira2 klo diitung thu tmenku cuma ada 4 doang dari satu kelas…
    bhkan mental minderku ini bikin aku selalu marah terus sama Tuhan krena dy udah ngebiarin aku hidup menderita scara mental bahkan aku pengen mati terus..
    emang si aku msh blm jamin brhasil ilangin minder ato nggak, tapi aku bkl ikutin saran2 ini..
    thank’z yah . .

  4. evie bandaso says:

    Terima kasih untuk anda yg telah menulis,
    Luar biasa bs membuka pikiran sy untuk
    Lebih baik..terima kasih GBU.

  5. bery says:

    thank’s ats smua saran’a!!
    N smua saran anda akan saya coba!!!

  6. anton says:

    akn q cba dch!smoga bsa ngilangn cra brfikir q yng sllu negatif trus.& jg sllu minder!
    Mksh ya….

  7. toharie sudiro says:

    terima kasih banyak telah membuka mata kepala dan mata hati kami penakut… semoga bisa bermanfaat buat kami…

  8. Riza Bustami says:

    akan saya coba sebisa mungkin ‘
    tapi dao’in ya supanya berhasil …..
    sukses teruz ….

  9. aldi says:

    thanx ya gan info’a

  10. axl says:

    i like it

  11. alif says:

    bagus juga esai kamu, kamu kuliah di bidang psikologi

  12. emen al anies elsinatria says:

    ” makasih ea atas artikelnya ini sangat berarti buat perjalanan q selanjutnya,,,,,

  13. alif says:

    ma kasih artikelnya semoga bisa bermanfaat bagi semua khususnya bagi saya

  14. Ivan says:

    Trimkash atas nasihat tulisannya, sangat bermanfaat..

  15. Today while the main format of the bricks are the same, Lego has turned the product from a simple toy to versatile sets that can be mixed together to create stunning designs.

    Almost everyone can probably recall playing with them as
    a child, putting together figures and taking them apart without any regard
    for what they were doing. The LEGO Minotaurus
    comes with a rule booklet, instruction manual to build the board, one building LEGO dice, one building board, 12 LEGO micro figures and 224 LEGO pieces.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s